Halaman


JANGAN LUPA JUGA LIAT POSTING LAMA NYA YA !!!!!!

Selasa, 08 November 2011

CERPEN ......... :)

KADO ISTIMEWA UNTUK ADIK

“dua hari lagi adalah ulang tahun adikku yang ke 5 tahun, apa yang harus aku belikkan untuk dia?” gerutu seorang gadis kelas 1 smp sambil bersandar di teras rumahnya. Nani namanya dia adalah anak buruh di desanya. Ternyata besok ulang tahun adikku tetapi dia bingung ingin membelikkan hadiah apa untuk adik tercintanya.

Keesokkan harinya ketika Nani dan adiknya yang bernama Sari sedang berjalan di trotoar, masih mengenakan seragam sekolah, tak sengaja sang adik melihat sebuah tas cantik bergambar princess. “kak, lihat tas itu bagus sekali, aku ingin sekali mempunyai tas seperti itu, jadi aku tidak usah memakai tas jelek ini!” ujar adikknya sambil menunjuk ke kaca mall yang berada tas princess itu. “kamu ingin masuk melihat tas itu?” jawab Nani sambil menunjuk pintu masuk mall. “iya kak, ayo kita kesana!” Sari menarik tangan Nani sambil berlari.

Ketika di dalam mall, mereka berdua langsung menuju tempat tas yang Sari lihat. “waw...tasnya bagus bagus... aku ingin yang ini, eh yang ini, eh yang itu! Ah bingung...” kata Sari sesekali menunjuk nunjuk beberapa tas. Nani menjadi sedih melihat adiknya yang terlihat sangat ingin mendapatkan semua tas-tas itu. “mau yang mana dek?” ucap pelayan ramah. “mba kalau tas princess ini berapa harganya, terus yang berbie berapa?” tanya Sari sangat cerewet. “kalau yang gambar princess ini 250 rb dek, kalau yang gambar berbie ini murah Cuma 150 rb!” jawab sang pelayan. “kok mahal banget sih?” tanya kembali Sari. “ia dek, soalnya tas-tas ini ber merk dan asli. “kakak kakak aku ingin dibelikkan tas yang ini.” rengek Sari kepada Nani. “sabar ya dek, kakak kan gak punya uang mana mungkin kakak bisa belikkan tas semahal ini!” jawab Nani sangat cemas. “yah kakak pelit” ujar Sari kesal. “maafkan kakak dek, yasudah kita pulang saja, bapak sama ibu pasti cemas menunggu kita” ajak Nani.

Akhirnya mereka berdua pulang berjalan kaki. Sesampainya di rumah Sari kembali merengek kepada kedua orang tuanya. “ibu aku ingin membeli tas yang ada di mall tadi” rengek kembali Sari. “tas apa maksud kamu nak? Pulang-pulang kok malah merengek” ujar bapaknya sambil mengelus kepalanya Sari. “itulah pak tas princess bagus banget.” Kata Sari sambil cemberut. “nani coba kamu jelaskan kenapa adik kamu tiba-tiba merengek rengek ingin beli tas yang di mall!” kata ibunya heran.”jadi gini bu, waktu kita mau pulang, kita melewati mall lalu Sari melihat tas itu, ketika masuk mall dan bertanya harga tas itu ternyata harga tasnya 250 rb, tapi Sari tetap ingin membelinya.” Jelas Nani. Setelah Nani mejelaskan kenapa Sari tiba-tiba merengek ingin tas ibu dan bapak mereka langsung diam. Dan Nani pun masuk kamar. Ia langsung membuka buku hariannya dan menulis “ANDAI AKU SURUH MEMILIH ANTARA SEKOLAH DAN BEKERJA AKU AKAN MEMILIH BEKERJA YANG PENTING AKU DAPAT MEMBAHAGIAKAN KELUARGAKU” Nina menulis sebuah kata dengan berucuran air mata.

Pukul 4 pagi Nani sudah bangun, ia langsung ke dapur dan mencari beberapa bumbu masak. “nani ngapain kamu jam segini sibuk sendiri di dapur?” tanya ibu mengagetkan. “eh ibu ngagettin saja, aku mau bikin tumpeng buat Sari bu, aku ingin ngasih kejutan buat dia. “oh...yasudah biar ibu yang membuatnya kamu mandi saja.” Jawab ibu. Dan Nani pun mandi, setelah mandi ia membangunkan Sari. Tepat pada pukul 7 Nina langsung berangkat sekolah seperti biasa dia berjalan kaki.

Di sepanjang jalan dia kepikiran dengan permintaan adiknya, dia sangat ingin membelikkan tas untuk adiknya. “mudah-mudahan hari ini ada keajaiban agar aku dapat membelikan tas untuk adikku.” Gerutu Nani sambil berjalan. Tak sengaja Nani melihat anak balita berada di tengah jalan, dan Nani langsung menggendong anak balita itu. Tak lama ibu anak itu datang, “makasih ya dek, kau telah menyelamatkan anak ibu” ujar ibu-ibu sambil merebut anak itu dari pangkuan Nani. “ia sama-sama bu, lain kali hati-hati ya bu anaknya dijaga jangan sampai terulang lagi” jawab Nani sambil tersenyum. “ini nak ambil!” sang ibu menyodorkan sejumblah uang. “buat apa ini bu? Banyak sekali uangnya?” tanya Nani bingung. “ambil saja uang ini nak sebagai tanda terimakasih ibu, karna kamu sudah menolong anak ibu!” kata sang ibu sambil memberikan uang itu. “terimakasih ibu, allhamdullilah ya allah do’aku terkabul. Sekali lagi makasih ya bu” jawab Nani sangat gembira. “iya sama sama” jawab kembali si ibu itu.

Tanpa berfikir panjang Nani langsung menuju mall yang ia datangi kemarin. Sesampainya disana Nani langsung membeli tas princess yang berharga 250 rb untuk Sari adik tercintanya itu. Dan Nani pun langsung meminta tas itu di bungkus oleh kertas kado. Ternyata uangnya masih sisa 40 rb dia pun berniat untuk memberikan kepada ibunya untuk mengganti nasi tumpeng yang dibuatnya.

Setelah mendapatkan tas itu Nani ternyata langsung pulang. Sesampainya di rumah ibunya heran mengapa anaknya pulang masih pagi. “nani mengapa jam segini sudah pulang?” tanya ibu heran. “ibu mana Sari?” tanya kembali Nani. “Sariiiii kamu dimana, sini kakak bawa apa?” teriak Nani sangat kencang, tak lama Sari datang “apaan kak? Aku baru pulang sudah mau disuruh?” jawab Sari. “nih buat kamu” kata Nani sambil memberikan kado tersebut. Tanpa basa basi Sari langsung membuka kadonya ternyata didalam kotak itu berisi sebuah tas princess sangat bagus. “wah...kak ini kan tas yang aku pingin? Makasih ya ka..kakak emang baik!” ujar Sari sambil memeluk Nani. “iya dek,selamat ulang tahun yang ke 5 ya dek! “ jawan Nani sangat senang melihat adiknya ceria kembali. Jelas saja ibu Nani bertanya tanya dapat darimana uang sebanyak itu sampai-sampai anaknya bisa membeli tas semahal itu. “Nani jawab dengan jujur, kamu tidak mencuru atau mencopet kan? Kamu dapat darimana uang sebanyak itu?” tanya ibu sangat bingung. “tenang bu aku tidak macem-macem kok, nanti aku ceritain deh, nih uang untuk mengganti tumpengnya, bentar ya bu aku mau bawa tumpengnya dulu.” Jawan Nani ambil memberikan sisa uangnya.

Dan Nani sekeluarganya pun merayakan hari ulang tahun adiknya secara sederhana. Tapi walaupun sederhana di balik kesederhanaan itu ada keharmonissan di dalamnya....

PENGARANG : YUFIKA TM

nasehat : di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin bila kita berusaha :) .... JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR YA !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar